PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL UMKM DAN PARIWISATA DI WILAYAH BOJONGMENTENG LEBAK BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.36448/jpu.v3i2.60Keywords:
Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, Social Media, UMKMAbstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini baik dalam bidang UMKM maupun pariwisata, dapat membantu memaksimlkan peran social media untuk mendukung aktivitas komunikasi pemasaran. Cara-cara pengenalan produk UMKM yang semula bersifat konvensional, kini juga telah mengalami pergeseran yang sangat signifikan dengan munculnya teknologi digital. Di antara bentuk media digital yang berkembang sangat pesat adalah sosial media baik facebook, instagram, tiktok, youtube dan sebagainya. Diharapkan pemanfaatan social media secara tepat, akan mampu mendukung pertumbuhan sektor pariwisata dan pangsa pasar UMKM yang tidak lagi berkonsentrasi pada pasar lokal Bojongmenteng, namun juga pangsa pasar nasional, bahkan internasional. Pengabdian kepada masyarakat telah dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2024 dan berlokasi di Desa Bojongmenteng, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak Banten secara tatap muka (offline). Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan peserta para pelaku UMKM dan pelaku pariwisata memiliki manfaat yang nyata dirasakan oleh peserta. Setelah mengikuti pelatihan dalam pembuatan dan pengelolaan akun social media, para peserta menyadari pentingnya suatu social media dalam mendukung promosi UMKM dan pariwisata. Bahkan diantaranya langsung praktek membuat akun dan channel untuk mempromosikan UMKM-nya. Dari evaluasi yang juga menunjukkan terjadinya peningkatan pegetahuan pelaku UMKM dan stakeholder pariwisata pemerintah desa Bojongmenteng, Lebak Banten terhadap social media dan manfaatnya untuk mendukung komunikasi pemasaran UMKM dan pariwisata.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian UMKM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.