PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL UMKM DAN PARIWISATA DI WILAYAH BOJONGMENTENG LEBAK BANTEN

Authors

  • Sugihantoro Universitas Mercu Buana, Jakarta, Indonesia
  • Santa Maria Niken Restaty Universitas Mercu Buana, Jakarta, Indonesia
  • Haniyah Nabilah Indhea Universitas Mercu Buana, Jakarta, Indonesia
  • Asfar Mulla Shadra Universitas Mercu Buana, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpu.v3i2.60

Keywords:

Komunikasi Pemasaran, Pariwisata, Social Media, UMKM

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini baik dalam bidang UMKM maupun pariwisata, dapat membantu memaksimlkan peran social media untuk mendukung aktivitas komunikasi pemasaran. Cara-cara pengenalan produk UMKM yang semula bersifat konvensional, kini juga telah mengalami pergeseran yang sangat signifikan dengan munculnya teknologi digital. Di antara bentuk media digital yang berkembang sangat pesat adalah sosial media baik facebook, instagram, tiktok, youtube dan sebagainya. Diharapkan pemanfaatan social media secara tepat, akan mampu mendukung pertumbuhan sektor pariwisata dan pangsa pasar UMKM yang tidak lagi berkonsentrasi pada pasar lokal Bojongmenteng, namun juga pangsa pasar nasional, bahkan internasional. Pengabdian kepada masyarakat telah dilaksanakan pada tanggal 22 Februari 2024 dan berlokasi di Desa Bojongmenteng, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak Banten secara tatap muka (offline). Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan peserta para pelaku UMKM dan pelaku pariwisata memiliki manfaat yang nyata dirasakan oleh peserta. Setelah mengikuti pelatihan dalam pembuatan dan pengelolaan akun social media, para peserta menyadari pentingnya suatu social media dalam mendukung promosi UMKM dan pariwisata. Bahkan diantaranya langsung praktek membuat akun dan channel untuk mempromosikan UMKM-nya. Dari evaluasi yang juga menunjukkan terjadinya peningkatan pegetahuan pelaku UMKM dan stakeholder pariwisata pemerintah desa Bojongmenteng, Lebak Banten terhadap social media dan manfaatnya untuk mendukung komunikasi pemasaran UMKM dan pariwisata.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Sugihantoro, S., Niken Restaty, S. M., Indhea, H. N., & Shadra, A. M. (2024). PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA SEBAGAI ALAT KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL UMKM DAN PARIWISATA DI WILAYAH BOJONGMENTENG LEBAK BANTEN. Jurnal Pengabdian UMKM, 3(2), 129–137. https://doi.org/10.36448/jpu.v3i2.60

Issue

Section

Articles