PENDAMPINGAN UMKM GOLOK CIPULE: MENYUSUN PROFIL BISNIS UNTUK EKSPANSI INTERNASIONAL

Authors

  • Stephanus Remond Waworuntu Universitas Presiden, Cikarang, Indonesia
  • Hally Hanafiah Universitas Presiden, Cikarang, Indonesia
  • Filda Rahmiati Universitas Presiden, Cikarang, Indonesia
  • Jason Adinata Wijaya Universitas Presiden, Cikarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpu.v4i2.91

Keywords:

UMKM, Segmentasi Pasar, Golok Cipule

Abstract

Pendampingan terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat penting dalam meningkatkan daya saing dan memperluas pasar. Salah satu UMKM yang mendapatkan pendampingan adalah Golok Cipule, sebuah usaha kerajinan senjata tradisional yang menghadapi tantangan dalam pemasaran dan distribusi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk membantu UMKM Golok Cipule dalam menyusun profil bisnis yang lebih profesional dan strategis guna mendukung ekspansi ke pasar internasional. Pendekatan yang dilakukan mencakup segmentasi pasar yang lebih spesifik, penyusunan company profile dalam berbagai bahasa, serta strategi pemasaran berbasis Business-to Consumer (B2C). Melalui kegiatan ini, UMKM Golok Cipule mendapatkan solusi atas kendala regulasi dan pemasaran, sehingga dapat meningkatkan daya saingnya di pasar domestik maupun global.

Downloads

Published

2025-07-16

How to Cite

Remond Waworuntu, S., Hanafiah, H., Rahmiati, F., & Adinata Wijaya, J. (2025). PENDAMPINGAN UMKM GOLOK CIPULE: MENYUSUN PROFIL BISNIS UNTUK EKSPANSI INTERNASIONAL. Jurnal Pengabdian UMKM, 4(2), 113–119. https://doi.org/10.36448/jpu.v4i2.91

Issue

Section

Articles