TREN PENELITIAN DAN STRATEGI PENINGKATAN MINAT KEWIRAUSAHAAN DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN: ANALISIS SISTEMATIS LITERATUR 2019–2024

Authors

  • Nathaniel Denish Koilam Universitas Dian Nuswantoro
  • Karis Widyatmoko Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpu.v4i2.94

Keywords:

Ekosistem Kewirausahaan, Pendidikan Entrepreneurship, Literatur Sistematis, Pembelajaran Inovatif, Pengangguran

Abstract

 Pendampingan Permasalahan pengangguran di Indonesia telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan, dengan angka pengangguran terbuka mencapai 5,32% pada 2024 (BPS, 2024). Kewirausahaan dianggap sebagai solusi strategis untuk menciptakan lapangan kerja mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian minat kewirausahaan dalam konteks pendidikan dan masyarakat, dengan fokus pada faktor determinan, strategi pembelajaran, serta metodologi yang dominan digunakan. Metode systematic literature review (SLR) diterapkan terhadap 50 artikel terindeks Sinta 1–4 dan Scopus periode 2019–2024. Hasil analisis menunjukkan: (1) Peningkatan signifikan penelitian tentang minat kewirausahaan di lingkungan pendidikan, terutama pasca-pandemi COVID-19 (80% kenaikan pada 2023); (2) Variabel paling berpengaruh adalah model pembelajaran berbasis proyek (35%) dan pendidikan kewirausahaan (28%); (3) Mayoritas penelitian berfokus pada mahasiswa (68%) dibandingkan siswa sekolah menengah (24%); (4) Dominasi metode kuantitatif (62%) mencerminkan pendekatan positivis, meskipun mulai muncul integrasi metode kualitatif dan mixed-methods. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya mencakup eksplorasi pendekatan interdisipliner serta pengembangan model pembelajaran berbasis teknologi digital seperti artificial intelligence dalam konteks kewirausahaan. Masalah pengangguran telah menjadi fenomena yang meresahkan dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia. Perlu adanya inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan minat berwirausaha di kalangan siswa dan mahasiswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tren penelitian minat wirausaha di lingkungan pendidikan dan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu systematic literature review (SLR). Data dikumpulkan melalui beberapa artikel dari jurnal terindeks Sinta 1 sampai 4 dan Scopus. Berdasarkan kriteria artikel pada penelitian ini diperoleh 50 artikel yang relevan dengan kriteria penelitian untuk selanjutnya dapat ditinjau secara sistematis. Dari penelitian ini diperoleh hasil 1) terdapat tren peningkatan penelitian tentang minat wirausaha di lingkungan pendidikan dari tahun 2019 hingga 2024. 2) Variabel yang paling banyak ditemukan dari artikel yang terkumpul adalah model pembelajaran dan pendidikan kewirausahaan. 3) Penelitian tentang minat wirausaha di lingkungan pendidikan telah menunjukkan banyak variabel yang dapat mempengaruhinya. fokus utama pada dua kelompok subjek yakni mahasiswa dan siswa. 4) Tren penggunaan metode penelitian kuantitatif menunjukkan bahwa penelitian minat wirausaha di lingkungan pendidikan masih didominasi oleh pendekatan positivistic. Saran untuk peneliti selanjutnya agar meneliti minat wirausaha di lingkungan pendidikan dengan menggunakan berbagai metode penelitian yang dapat menghasilkan pemahaman yang lebih komprehensif dan mendalam tentang minat wirausaha

Author Biographies

Nathaniel Denish Koilam, Universitas Dian Nuswantoro

Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer.

Karis Widyatmoko, Universitas Dian Nuswantoro

Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer.

Downloads

Published

2025-07-17

How to Cite

Koilam, N. D., & Widyatmoko, K. (2025). TREN PENELITIAN DAN STRATEGI PENINGKATAN MINAT KEWIRAUSAHAAN DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN: ANALISIS SISTEMATIS LITERATUR 2019–2024 . Jurnal Pengabdian UMKM, 4(2), 165–172. https://doi.org/10.36448/jpu.v4i2.94

Issue

Section

Articles