PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN

Authors

  • Iskandar Ali Alam Universitas Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
  • Bambang Hartono Universitas Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
  • Lukmanul Hakim Universitas Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
  • Haris Muwardi Universitas Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
  • Erlangga Erlangga Universitas Bandar Lampung, Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36448/jpu.v4i2.96

Keywords:

Digital Marketing, Pelatihan, Santri, Pondok Pesantren, Media Sosial, SEO, Strategi Konten

Abstract

Pelatihan digital marketing bagi santri pondok pesantren merupakan inisiatif strategis untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan santri dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran. Dalam era digital yang terus berkembang, pemasaran digital menawarkan berbagai keuntungan, termasuk kemampuan untuk menjangkau pasar global dan efisiensi biaya. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek digital marketing, seperti penggunaan media sosial, SEO (Search Engine Optimization), dan strategi konten. Melalui analisis kebutuhan awal, pelatih dapat mengidentifikasi area di mana santri memerlukan pengetahuan tambahan. Pelaksanaan pelatihan dilakukan melalui sesi interaktif, praktik langsung, dan evaluasi untuk mengukur efektivitas program. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan santri merancang kampanye pemasaran yang efektif serta kepercayaan diri dalam menggunakan alat digital. Meskipun ada tantangan terkait akses teknologi, dukungan berupa program pelatihan sangat penting untuk memastikan keberhasilannya.

Downloads

Published

2025-07-16

How to Cite

Ali Alam, I., Hartono, B., Hakim, L., Muwardi, H., & Erlangga, E. (2025). PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN . Jurnal Pengabdian UMKM, 4(2), 108–112. https://doi.org/10.36448/jpu.v4i2.96

Issue

Section

Articles